25/09/2021

PROGRAM STUDI S2 SOSIOLOGI PASCASARJANA UNPATTI SELENGGARAKAN VISITASI

Setelah berakhirnya masa berlaku akreditasi prodi pada tahun 2018 lalu, Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana Universitas Pattimura menyelenggarakan visitasi pada Senin, 18 Februari 2019 di Kampus PASCASARJANA UNPATTI. Proses visitasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menugaskan Prof. Dr. Erwin, M.Si Guru Besar Antropologi Universitas Andalas Sumatera Barat dan Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos, M.Si dari Universitas Padjajaran Bandung sebagai Tim Asesor yang melakukan asesmen lapangan bagi program studi yang dipimpin Dr. Tontji Soumokil, MA ini.

Kedua Asesor yang Ditugaskan BAN-PT Melakukan Asesmen
di Prodi S2 Sosiologi UNPATTI

Kehadiran tim Asesor di kampus PASCASARJANA UNPATTI disambut Direktur Pascasarjana Prof. Dr. A. S. W. Retraubun, M.Sc bersama para Wakil Direktur dan Ketua Program Studi Sosiologi. Setelah proses penyambutan berlangsung di ruang rapat lantai III kantor Pascasarjana proses Asesmen berlangsung, Prof. Dr. Erwin, M.Si melakukan asesmen terhadap Dokumen Borang Institusi [Pascasarjana], sedangkan Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos, M.Si melakukan asesmen di Program Studi Sosiologi. Presentase Dokumen Borang yang terdiri dari 7 standart terdiri dari Standart 1: Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran, Serta Strategi Pencapaian; Standart 2: Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Dan Penjaminan Mutu; Standart 3: Mahasiswa dan Lulusan; Standart 4: Sumber Daya Manusia; Standart 5: Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik; Standart 6: Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Serta Sistem Informasi; Standart 7: Penelitian, Pelayanan/Pengabdian Kepada Masyarakat, Dan Kerjasama.

Presentase Borang 3B [Institusi Pascasarjana] disampaikan Direktur PASCASARJANA UNPATTI, sedangkan Borang 3A [Program Studi] dipresentasikan oleh Ketua Program Studi Sosiologi. Asesmen yang dilakukan sebagai bagian dari proses konfirmasi berbagai ketersediaan Institusi Pascasarjana maupun program studi terhadap ke Tujuh standart BAN-PT dalam memberikan nilai akreditasi ini, sesuai dengan dokumen yang  telah dikirim beberapa waktu lalu.

Proses Asesmen Program Studi S2 Sosiologi Pascasarjana UNPATTI

Asesmen yang berlangsung sehari dihadiri oleh staf pengajar, mahasiswa dan alumni Program Studi Sosiologi Pascasarjana UNPATTI. Saat proses asesmen berlangsung berbagai pertanyaan dan konfirmasi terhadap Borang Program Studi berjalan alot, hal ini terlihat pada penjelasan terhadap pertanyaan yang disampaikan Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos, M.Si terhadap kesiapan Prodi oleh Ketua Program Studi bersama staf pengajar lainnya. Sehingga kesepakatan bersama baik pihak Prodi maupun Pascasarjana beserta Asesor terhadap kelengkapan Borang Prodi maupun Borang Institusi [Pascasarjana] ditandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Asesor, Ketua Program Studi dan Direktur Pascasarjana sebanyak 2 rangkap serta penyerahan dokumen sebagai arsip Prodi dan Pascasarjana oleh Asesor kepada Prof. Dr. A. S. W. Retraubun, M.Sc dan Dr. Tontji Soumokil, MA, sedangkan lainnya akan dibawa serta ke BAN-PT sebagai laporan.

Penyerahan Berita Acara Asesmen Borang Institusi
Kepada Direktur PASCASARJANA UNPATTI Prof. Dr. A. S. W. Retraubun, M.Sc

Penyerahan Berita Acara Asesmen Borang Prodi
Kepada Kaprodi S2 Sosiologi UNPATTI Dr. T. Soumokil, MA

 

Akhir dari proses asesmen yang berlangsung selama sehari ini (18/01/2019) dilakukan pemberian cenderamata berupa buku kepada kedua Asesor oleh Ketua Program Studi S2 Sosiologi Dr. Tontji Soumokil, MA. Buku yang diberikan adalah penulisan Johan Nina (Alm) alumni S2 Sosiologi UNPATTI berjudul “Perempuan Nuaulu”, buku cetakan Yayasan Pustaka Obor Tahun 2012 ini melibatkan 3 Staf Pengajar S2 Sosiologi UNPATTI dalam memberikan Sekapur Sirih [Prof. Dr. Tonny D. Pariela, Ma], Prakata [Prof. Dr. Mus Huliselan, DEA] serta Penyunting [Dr. E. Titaley, M.Si]. disamping itu Buku “Menelusuri Identitas Kemalukuan” diterbitkan Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku (LKDM) adalah rangkuman penulisan tentang Maluku oleh peneliti maupun akademisi di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Dalam buku terbitan PT. Kanisius Yogyakarta Tahun 2017 dengan jumlah halaman 960 sejumlah staf pengajar S2 Sosiologi UNPATTI pun terlibat dalam penulisan berbagai artikel di dalamnya.

Pemberian Buku Kepada Asesor Oleh Ketua Program Studi S2 Sosiologi UNPATTI

[Kiri: Prof. Dr. Erwin, M.Si, Kanan: Dr. Soni Akhmad Nulhaqim, S.Sos, M.Si]