17/06/2024

Program Studi Administrasi Publik

Survei Indeks Kemiskinan Kabupaten Seram Bagian Timur Provinsi Maluku

Tim Penyusun : Dr. Nomawati, M.Si. , Stenly J Ferdinandus, SE., M.Si. , Dr. Mike J Rolobessy, SP., M.Si. , Mursal Yunus, SP., M.Si. , Said Lestaluuhu, S.Sos, M.I.Kom

              (Dokumen)_

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, karena atas berkat dan rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan Laporan Akhir Survei Indeks Kemiskinan di Kabupaten Seram Bagian Timur Tahun 2018, tujuan kajian ini adalah mendapatkan informasi diagnosis kemajuan daerah di Kabupaten Seram Bagian Timur melalui komponen penyusun angka kemiskinan, yaitu dari sisi capaian indikator pembangunan berbasis wilayah.

Analisis capaian indikator pembangunan berbasis wilayah yang menguraikan indikaor sektoral, indikator Standar Pelayanan Minimum (SPM), indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), indikator Sustainable Development Goals (SDGs), indikator Indeks Pembangunan Desa (IPD), serta menganalisis outpit situasional karakteristik kemiskinan rumahtangga dan individu agar fokus penanggulangan kemiskinan dan menjawab pembangunan sector ekonomi dan pendidikan, pembangunan sector kesehatan, pembangunan sector lingkungan. Penanggulangan kemiskinan dilakukan dengan mempertimbangkan empat prinsip utama penanggulangan kemiskinan yang komperenhensif, yaitu (i) perbaikan dan pengembangan system perlindungan social; (ii) peningkatan akses pelayanan dasar; (iii) pemberdayaan kelompok masyarakat miskin; dan (iv) pembangunan yang inklusif.

Bappeda Kabupaten SBT bekerjasama dengan Universitas Pattimura menyusun Indeks kemiskinan yang menyajikan informasi tentang gambaran umum kemiskinan berdasarkan variable individu, perumahann dan lingkungan dengan harapan dapat digunakan sebagai bahan untuk menyusun rencana aksi dan petajalan dalam percepatan penanggulangan kemiskinan.

Atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur kepada kami selaku tim ahli dalam kegiatan ini mengucapkan banyak terima kasih. Semoga informasi yang disajikan dalam Buku Indeks Kemiskinan ini dapat memberikan manfaat bagi pembangunan masyarakat Kabupaten Seram Bagian Timur