25/09/2021

DPMF DAN BEM FISIP UNPATTI SELENGGARAKAN FISIP TALKSHOW

Menjelang Pemilihan Umum (PEMILU) serentak tanggal 17 April 2019, Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura menyelenggarakan FISIP Talksow (Rabu, 13 Februari 2019). Kegiatan dengan Tema “Pemilu 2019 dan Implikasi Pembangunan di Maluku menghadirkan Narasumber dari berbagai unsur diantaranya, Dr Mike I. Rolobessy, M.P [Akademisi], Almudatsir Sangadji, SH [Komisioner KPU Provinsi Maluku], Habibah Pelu, SP, M.Si [Anggota DPRD Provinsi Maluku] dan Dr. Djalaludin Salampessy [Kepala BPP BAPPEDA Provinsi Maluku].

Sambutan Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. Tonny, D. Pariela, MA

Kegiatan yang dibuka Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA dihadiri oleh para Wakil Dekan, staf dosen dan Mahasiswa lingkup FISIP UNPATTI, organisasi kepemudaan [HMI, PMII, dan GMKI] komisariat sejajaran UNPATTI dan Staf Dosen dan Mahasiswa FISIP UKIM. Dalam sambutannya Guru Besar bidang Sosiologi ini mengapresiasi kegiatan yang dilakukan lembaga mahasiswa intra kampus ini, harapannya bagi seluruh mahasiswa Fakultas yang dipimpinnya bersama para undangan untuk senantiasa mengawal jalannya pesta demokrasi 5 tahunan mendatang senantiasa berada dalam PEMILU damai dan bersih sehingga mewujudkan demokrasi yang sejahtera dan berkeadilan dalam rangka pembangunan baik di tingkat lokal maupun nasional. Dalam acara pembukaan diisi pula pembacaan puisi oleh Dodi Alimin dan Sri Riski Ben [mahasiswa FISIP UNPATTI].

Saling Berjabat Tangan Dekan FISIP UNPATTI Bersama Narasumber
Setelah Memberikan Sambutan

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai III Kampus FISIP UNPATTI berlangsung dari pukul 11.00 WIT s.d. 14.00 WIT dihadiri ± 100 peserta. Dr Mike I. Rolobessy, M.P menyampaikan materi “Telaah Demokrasi dan Pembangunan di Maluku”, Almudatsir Sangadji, SH menyampaikan materi “Regulasi dan Kesiapan PEMILU 2019 di Maluku”,  Habibah Pelu, SP, M.Si menyampaikan materi “Legislatif dan Pembangunan Maluku”, sedangkan Dr. Djalaludin Salampessy menyampaikan materi “Pembangunan Maluku Sekarang dan Masa Mendatang”.

Dalam penyampaian materi yang diarahkan oleh moderator Subhan Risky Mony [Fungsionaris DPM FISIP UNPATTI], Dr. Mike Rolobessy, M.P menegaskan bahwa proses demokrasi bukan hanya sebatas mencoblos, namun lebih dari itupun demokrasi adalah proses dimana melibatkan seluruh warga negara untuk berpartisipasi dalam membangun tata politik yang positif dalam rangka mewujudkan pembangunan yang sejahtera dan berkeadilan. Sementara Almudatsir Sangadji, SH menjelaskan berbagai regulasi yang mengatur penyelenggaraan PEMILU Tahun 2019 serta berbagai proses pentahapan PEMILU yang telah dilakukan KPU Provinsi Maluku hingga saat ini. Habibah Pelu, SP, M.Si menitik beratkan pada peran Lembaga Legislatif di tingkat provinsi dalam penyelenggaraan pembangunan di Maluku. Sedangkan Dr. Djalaludin Salampessy menyampaikan model pembangunan Maluku berbasis laut berdasarkan RUU Kepulauan.

Para Narasumber Saat Menyampaikan Materi

Kegiatan Talkshow berjalan lancar dan mendapat respon positif dari peserta terlihat dari berbagai tanggapan dan pertanyaan kepada narasumber. Akhir dari kegiatan secara resmi ditutup oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Z. A. Rengifurwarin, M.Si sekaligus memberikan cenderamata kepada para narasumber. (TIM LIPUTAN)