29/09/2022

KEGIATAN BEDAH BUKU AZAS-AZAS MANAJEMEN, SEKOT AMBON: BUKUNYA SANGAT BERMANFAAT

"Pada prinsipnya pemerintah itu tidak bisa berjalan sendiri tanpa bergandengan tangan dengan kampus atau universitas, oleh karena itu apabila ada keperluan dari pihak FISIP silahkan datang ke saya dan saya segera selesaikan, dan yang terpenting keperluan itu dapat berdampak baik kepada pemerintah kota ambon, dan dapat berdampak baik kepada masyarakat kota ambon" sekot ambon -Drs. Agus Ririmase, AP, M.Si-

 

 

 

Rangkaian Dies Natalis ke-63 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pattimura kembali menggelar Bedah Buku Azas-Azas Manajemen: Konsep, Teori, Fungsi dan Teknis yang di tulis Dr. Zainal A. Rengifurwarin M.Si.
Kegiatan yang berlangsung Jumat 23 September 2022 itu turut menghadirkan tiga pembedah utama, yaitu Sekertaris Kota (Sekot) Ambon Drs. Agus Ririmase AP. M.Si sebagai pembedah I, Dr. Arthur Sitaniapessy. S.E, M.Si sebagai pembedah II, dan Wakil Dekan III, Dr. Paulus Koritelu, S.Sos, M.Si yang juga sebagai pembedah III.

 

 

Dalam penjelasannya, Sekot Ambon Agus Ririmase mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, buku tersebut merupakan karya yang aplikatif dan dapat memberikan kontribusi dalam manajemen pemerintahan.

“Ada pertanyaan kritis dari buku ini, apakah ada manfaat terkait reformasi birokrasi? Jawaban saya, sangat-sangat bermanfaat,” terang Ririmase dalam sesi bedah buku di Aula FISIP Unpatti.

Dijelaskan, beberapa poin yang menjadi perhatiannya dalam isi buku tersebut adalah penjelasan terkait dua aspek birokrasi, dimana dalam pelaksanaannya harus ada fokus dan prioritas.
“Dengan melaksanaan kedua aspek tersebut maka birokrasi menjadi sangat efektif. Ini perlu diaplikasikan. Disinilah saya merasa manfaatnya. Karena itu kiranya buku ini bisa menjadi referensi untuk pemerintahan maupun dunia pendidikan,” harap Ririmase.
Sekot Ambon juga menyampaikan beberapa masukan terkait buku Azas-Azas Manajemen: Konsep, Teori, Fungsi dan Teknis, dimana, untuk cover perlu ada penjalasan dari penulis. Orang akan salah menafsirkan gambar-gambar yang terdapat pada covernya.
“Terkait teknisnya, ada penyusuna BAB-nya yang perlu diperhatikan, namun itu hanya teknis. Intinya isinya sangat baik,” ujar Ririmase.

 

Menanggapai masukan tersebut, Penulis, Dr. Zainal A. Rengifurwarin M.Si, menyampaikan terima kasihnya kepada para pembedah, menurutnya cover dan warna buku memang memiliki beberapa desain awal, yaitu warna merah dan biru, namun dengan beberapa pertimbangankahirnya disepakati warna tersebut.
“Untuk masalah teknis lainya dalam buku ini juga memang perlu masukan, mengingat dalam penerbitannya dilakukan secara cepat. Namun masukan-masukan yang disampaikan akan menjadi perbaikan untuk edisi terbitan selanjutnya,” terang Penulis.