29/09/2022

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK MELANGSUNGKAN ACARA PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA (MOU) ANTARA BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM PROVINSI MALUKU DENGAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Melangsungkan Acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama (Mou) Antara Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Maluku Dengan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon dan juga Kuliah Umum Dalam Rangka Peningkatan Pengawasan Partisipatif Pendidikan Politik Kepada Mahasiswa, pada tanggal 1 Juli 2022

Acara dilaksanakan di gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Lt 2 pada Ruang 3 dan Ruang 10, serta acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Wahab Tuanaya, M.Si, dan dihadiri langsung oleh Ketua Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku Astuti Usman, S.Ag.,.MH dan Komisioner Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku Paulus Titaley, S.T.,S.H.,M.H. dan juga para dosen dari program studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Dr. Wahab Tuanaya., MSi

Komisioner Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku Paulus Titaley, S.T.,S.H.,M.H.

Ketua Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku Astuti Usman, S.Ag.,.MH

Paulus Titaley juga memberikan laporan terkait “kegiatan magang yang dilakukan oleh sepuluh (10) orang mahasiswa program studi ilmu pemerintahan di KPU Provinsi Maluku selama empat bulan. Yang mana mereka diberikan kuliah selama proses magang itu berjalan, pada setiap sepuluh hari mereka akan di rolling ke setiap divisi yang ada di KPU. Para mahasiswa magang dianjurkan untuk selalu mengisi absen via online, para mahasiswa magang ini juga diberikan tugas untuk turun ke desa masing-masing dan mengambil data kependudukan yang ada, hal itu dilakukan untuk membantu Bawaslu dalam melakukan pengecekan terhadap para pemilih. Dan pada kesempatan ini pula KPU memberikan saran bahwa untuk KKN Tematik nanti dapat dilakukan di kantor KPU. ” Ia juga berharap bahwa dari setiap prodi yang ada di FISIP dapat melakukan magang di kantor KPU.

Selain itu juga, Astuti Usman selaku Ketua Badan Pengawasan Pemilu Provinsi Maluku memberikan kuliah umum kepada mahasiswa, “Ia menjelaskan bagaimana pentingnya pengawasan yang begitu intens terhadap pemilihan umum yang akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang. Maka dari itu ia berharap bahwa para mahasiswa dapat berpartisipasi dalam membantu mengawasi jalannya pemilu yang akan dilaksanakan nanti”.

Adapun pemberian piagam dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kepada KPU guna sebagai bentuk terima kasih sebab telah bersedia untuk menandatangani kesepahaman bersama (MOU).