29/09/2022

DIALOG AKADEMIK : PROSPEK DAERAH OTONOM BARU DI INDONESIA

Selasa, 12 Juli 2022 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melangsungkan kegiatan Dialog Akademik terkait dengan prospek otonom daerah baru yang ada di Indonesia .

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Wahab Tuanaya, M.Si selaku Dekan FISIP dan beberapa akademika FISIP yang ditunjuk sebagai narasumber yaitu, Dr. Paulus Koritelu, M.Si (Dosen Prodi Sosiologi) dan Dr. Amir F. Kotarumalos, M.Si (Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan) .

Dr. Wahab Tuanaya, M.Si selaku Dekan FISIP

Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Said Lestaluhu, S.Sos, M.Si

Kegiatan ini juga mengundang perwakilan mahasiswa dari beberapa Universitas lainnya, IAIN, IAKN, POLTEK dan UKIM.

Said Lestaluhu selaku penyelenggara kegiatan ini menyatakan bahwa kegiatan diskusi publik ini merupakan agenda fakultas yang dilakukan untuk membahasa isu-isu strategis.

Wahab Tuanaya menyatakan bahwa kedaulatan negara itu menganut beberapa asas yang mana sekaligus dilaksanakan secara bersamaan. Yakni asas Sentralisasi, asas Desentralisasi dan asas Dekonsentrasi. Pada asas desentralisasi itulah lahir otonom daerah, hal ini dilakukan sebab pemerintah pusat tidak dapat menjangkau seluruh daerah yang ada di Indonesia. Maka pada asas inilah dilaksanakan secara bersamaan. Otonomi daerah harus diberikan kepada masing-masing daerah guna mereka dapat mengatur sendiri rumah tangganya sendiri.

Beliau juga berharap kegiatan dialog ini dapat membuahkan hasil pemikiran yang konstruktif, pemikiran yang baik, terutama berkaitan dengan porspek dan manfaat dari otonom baru yang ada di Indonesia. Serta beliau juga mengajak para mahasiswa untuk bisa menyamakan persepsi, menggunakan rasionalitas demi kebaikan, demi kemajuan dan demi kepentingan bangsa dan negara.