VISI
Terwujudnya Program Studi Berkualitas dalam Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Administrasi Publik yang Berkarakter Kepulauan tahun 2026
Penjelasan atas substansi makna kata-kata kunci dalam pernyataan visi program studi seperti berikut :
-
- Berkualitas
Seluruh aktivitas tri dharma di program studi dapat memenuhi standar mutu yang ditetapkan menurut regulasi dan kebijakan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi, serta dapat memenuhi kebutuhan pengguna (user) di sektor publik, swasta, voluntir, serta masyarakat kepulauan secara luas; - Pengkajian dan Pengembangan
Ragam aktivitas akademik yang melibatkan civitas akademika prodi secara mandiri maupun kerjasama kolaboratif dalam mengembangkan ilmu administrasi publik dengan pendekatan integrated-adaptif-kontekstual yang kontributif secara teoritik maupun praksis dalam dan melalui kajian pemikiran/ empirikal, dialog diskursif, pembelajaran dan tugas akademik, serta publikasi karya dan diseminasi publik; - Berkarakter Kepulauan
Setiap insan sivitas akademika serta lulusan Prodi memiliki akhlak, sikap dan perilaku hidup, karya serta amal ilmunya terintegrasikan sesuai dengan, sekaligus respek pada tata nilai/ norma etik dan realitas hakiki kepulauan secara berkelanjutan; - Tahun 2026
Tetapan tenggang waktu atau target waktu yang dibutuhkan untuk mewujudkan pernyataan visi program studi administrasi publik secara efisien, efektif dan kolaboratif.
- Berkualitas
MISI
Rumusan Misi program studi sebagai penjabaran dari visi prodi sebagai berikut:
-
- Menyelenggarakan program pendidikan sarjana strata 1 administrasi publik secara berkualitas dalam bidang ilmu administrasi publik yang berkarakter kepulauan;
- Menyelenggarakan program penelitian relevan secara berkualitas dalam bidang ilmu administrasi publik untuk memperkaya materi pembelajaran, pengembangan ipteks, dan menjawab kebutuhan pembangunan daerah kepulauan;
- Menyelenggarakan program pengabdian dan capacity building untuk local governance bagi stakeholder pengguna pada ranah publik, swasta, voluntir dan masyarakat kepulauan secara luas;
TUJUAN
Rumusan tujuan program studi yang menjabarkan misi diatas yakni :
-
- Menghasilkan lulusan sarjana strata 1 yang berkompeten dan berkualitas dalam bidang ilmu administrasi publik serta dapat memenuhi kebutuhan pembangunan yang berkarakter kepulauan;
- Menghasilkan ragam karya pengkajian yang bermutu dan relevan di bidang ilmu administrasi publik untuk memperkaya materi pembelajaran, serta pengembangan ilmu dan penerapannya sesuai kebutuhan pembangunan yang berkarakter kepulauan;
- Menghasilkan ragam karya pengabdian dan capacity building untuk penguatan local governance bagi masyarakat, aparatur pemerintah serta sektor swasta sesuai karakter kepulauan
SASARAN & STRATEGI PENCAPAIANNYA
Rumusan Pernyataan Sasaran
Sasaran adalah hasil yang diharapkan dari suatu tujuan yang dirumuskan secara terukur, spesifik, mudah dicapai, rasional, dengan indikator kinerja yang jelas, untuk dapat dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian, sasaran program studi yang merupakan turunan operasional dari tujuan program studi dalam tenggang waktu capaiannya secara bertahap sampai tahun 2026 dirumuskan sebagai berikut:
-
- Meningkatnya serapan lulusan sarjana administrasi publik berkompeten dan berkualitas yang berkarakter kepulauan secara bertahap sesuai standar kebutuhan pembangunan serta pelayanan masyarakat;
- Meningkatnya hasil karya penelitian yang bermutu dan relevan di bidang ilmu administrasi publik secara bertahap untuk memperkaya materi pembelajaran, serta pengembangan ilmu dan penerapannya sesuai kebutuhan pembangunan yang berkarakter kepulauan;
- Meningkatnya hasil karya pengabdian kepada masyarakat dan capacity building secara bertahap bagi penguatan local governance pada ranah publik, swasta, volunter dan ranah masyarakat yang berciri kepulauan.
Rumusan Pernyataan Strategi Pencapaian
Adapun pernyataan ragam strategi pencapaian untuk tiap-tiap sasaran dengan indikator capaian kinerja yang terukur secara bertahap dalam rangka memenuhi tujuan dan pada gilirannya dapat mewujudkan misi dan visi program studi hingga tahun 2026 dapat dirumuskan berikut ini :
1. Strategi Pencapaian Sasaran 1 di Bidang Pendidikan dan Pengajaran
-
-
- Meningkatkan jumlah tenaga dosen tetap PS sesuai bidang keahlian melalui rekrutasi dosen baru tahunan;
- Memperkuat pengayaan kurikulum PS yang berkualitas dan lebih relevan menjawab kebutuhan local governance berkarakter kepulauan;
- Meningkatkan kualitas Tim Dosen Pengajar MK sesuai bidang keahlian dan kebutuhan;
- Memperkuat kualitas kelengkapan perangkat instrumentarium pembelajaran di PS secara bertahap;
- Meningkatkan kualitas kelengkapan Bahan Ajar yang bermutu, relevan dan mutakhir;
- Memperkuat kualitas pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran/Perkuliahan di PS secara bertahap sesuai standar mutu dan peraturan akademik;
- Memperkuat Kinerja Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pembelajaran di PS secara bertahap sesuai standar mutu monev pembelajaran tahunan;
- Memperkuat Kapasitas dan Kinerja Tim Koordinasi Semester (TKS) dalam penyelenggaraan penjaminan mutu pembelajaran di PS;
- Memperkuat koordinasi dan kerjasama yang bermutu antara semua unsur relevan pada setiap jenjang dan unit dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan di PS;
- Memperkuat kualitas kegiatan praktek mata kuliah di PS;
- Memperkuat penyediaan sarana & fasilitas pendukung pembelajaran di PS;
- Meningkatkan mutu pendampingan Mentoring mahasiswa;
- Memperkuat mutu tugas akhir (skripsi) mahasiswa yang berfokus keahlian khusus bidang ilmu dan relevan dengan kebutuhan user;
- Meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki karakter kepulauan.
-
2. Strategi Pencapaian Sasaran 2 : Bidang Penelitian dan Pengembangan
-
-
- Meningkatkan kapasitas penelitian bagi dosen PS melalui pelatihan metode riset sosial;
- Meningkatkan kapasitas penulisan artikel ilmiah bagi dosen PS melalui pelatihan penulisan artikel jurnal ilmiah;
- Meningkatkan kinerja dan mutu penelitian dosen secara perorangan melalui berbagai inisiatif dan skema pendanaan yang dapat diakses;
- Meningkatkan jumlah penelitian hibah kompetitif dikti oleh dosen PS;
- Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang melibatkan unsur dosen dan mahasiswa PS yang dapat ditindaklanjuti sebagai topik riset tugas akhir mahasiswa PS;
- Meningkatkan kerjasama penelitian institusi yang dikoordinasikan pada Laboratorium Jurusan dengan pusat-pusat kajiannya dengan berbagai institusi eksternal sesuai bidang keilmuwan;
- Meningkatkan jumlah publikasi karya-karya ilmiah dosen PS di jurnal-jurnal nasional terakreditasi/ terindeks dikti bahkan pada jurnal-jurnal internasional;
- Meningkatkan jumlah presentasi dan prosiding hasil-hasil karya penelitian dosen PS pada forum-forum ilmiah /publik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional;
- Meningkatkan jumlah karya buku ajar yang dapat dipublikasikan secara nasional ber-ISBN;
- Meningkatkan jumlah karya monograf dosen prodi yang dapat dipublikasikan secara nasional ber-ISBN;
- Meningkatkan jumlah hak paten (HAKI) untuk hasil karya dosen PS.
-
3. Strategi Pencapaian Sasaran 3 : Bidang Pengabdian Masyarakat
-
-
- Meningkatkan jumlah pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa prodi dalam bidang iptek relevan sesuai kebutuhan masyarakat pengguna;
- Meningkatkan jumlah diseminasi hasil-hasil karya ilmiah dosen yang dapat dimanfaatkan dalam karya pengabdian masyarakat dan capacity building sesuai kebutuhan masyarakat pengguna;
- Meningkatkan jumlah karya pengabdian masyarakat yang bermutu dari skema pendanaan DIKTI maupun Institusi Fakultas;
- Meningkatkan program/kegiatan pengabdian masyarakat berbasis kerjasama institusional;
- Meningkatkan jumlah dan mutu tugas kekaryaan yang diemban dosen PS sesuai kebutuhan pengguna;
-
4. Strategi Pencapaian Bidang Pendukung Akademik:
-
-
- Meningkatkan pengelolaan penjaminan mutu akademik di PS (TKS) melalui pelatihan dan pemagangan;
- Meningkatkan kapasitas dan kualitas dosen PS melalui studi S3;
- Menghasilkan Jabatan Guru Besar bagi dosen PS;
- Meningkatkan penyediaan dan pemanfaatan sarana dan fasilitas yang mendukung suasana akademik bagi dosen dan mhsw prodi;
- Meningkatkan mutu layanan administrasi akademik, kemahasiswaan dan kepegawaian bagi dosen dan mhsw prodi;
- Meningkatkan penyediaan fasilitas dan literatur-literatur bidang ilmu AP termasuk jurnal-jurnal relevan di prodi;
- Meningkatkan koordinasi pelayanan Perpustakaan dan Fasilitas IT yang dapat diakses dosen dan mhsw prodi;
- Meningkatkan keanggotaan dosen PS pada berbagai organisasi dan asosiasi keilmuwan relevan pada tingkat nasional (juga regional dan internasional).
-
KURIKULUM
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah* | Bobot SKS | SKS MK dalam Kurikulum | Bobot Tugas*** | Kelengkapan**** | Unit/Jur/Fak. Penyelenggara | |||
Inti** | Insitusional | Deskripsi | Silabus | SAP | ||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) | (11) |
I | MPK – AP 01 | Pendidikan Agama | 2 | √ | – | √ | √ | √ | √ | |
MPK – AP 02 | Pendidikan Pancasila | 2 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MPK – AP 04 | Bahasa Indonesia | 2 | – | √ | – | – | – | – | ||
MPK – AP 05 | lImu Alamiah Dasar | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MPK – AP 06 | Bahasa Inggris I | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
M K K – AP 01 | Pengantar Ilmu Administrasi | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKK – AP 02 | Pengantar Ilmu Politik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKK – AP 03 | Pengantar SosiologI | 3 | √ | – | – | √ | √ | √ | ||
MBB – AP 05 | Pengantar Antropologi | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
II | MPK – AP 03 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | √ | – | √ | √ | √ | √ | |
MPK – AP 07 | Bahasa Inggris II | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MPK – AP 08 | Filsafat lImu | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MPK – AP 09 | Ilmu Sosial Budaya Dasar | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK – AP 06 | Dasar-dasar Matematika | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK – AP 07 | Pengantar Ilmu Komputer | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB – AP 01 | Pengantar Ilmu Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB – AP 08 | Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Tata Hukum Indonesia | 2 | – | √ | – | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 09 | Pengantar Ilmu Ekonomi dan Sistem Ekonomi Indonesia | 2 | – | √ | √ | √ | √ | |||
III | MKK-AP 04 | Sistem Administrasi Publik Indonesia | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | |
MKK-AP 05 | Administrasi Pemerintahan Daerah | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKK-AP 08 | Pengantar Statistik Sosial | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK-AP 10 | Metodologi Penelitian Sosial | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK-AP 15 | Dasar-dasar Kewirausahaan | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 06 | Sistem Sosial Budaya Indonesia | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 10 | Sistem Politik Indonesia | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 17 | Komunikasi Administrasi** | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 18 | Komunikasi Pembangunan** | – | √ | √ | √ | √ | √ | |||
MKK-AP 09 | Aplikasi Komputer * | 2 | – | √ | √ | |||||
IV | MKK-AP 11 | Asas-asas Manajemen | 3 | – | √ | √ | √ | √ | √ | |
MKK-AP 12 | Asas-asas Akuntansi | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK-AP 13 | Administrasi Kearsipan * | 3 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 03 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 10 | Administrasi Perkantoran dan Perbekalan | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 11 | Public Relations | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 12 | Human Relations | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 07 | Kebudayaan Maluku | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 17 | Sosiologi Perkotaan | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
V | MPB-AP 05 | Perbandingan Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | |
MKK-AP 14 | Pengembangan Organisasi dan Kelembagaan | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKS-AP 04 | Kebijakan Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 05 | Retormasi Administrasi Negara | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 06 | Organisasi dan Manajemen Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 15 | Manajemen Proyek ** | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MPB-AP 08 | Manajemen Konflik ** | – | √ | √ | √ | √ | √ | |||
MPB-AP 07 | Manajemen Pembangunan Daerah | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 02 | Ekologi Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
VI | MKK-AP 15 | Teori-teori Organisasi | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | |
MKB-AP 14 | Teori-teori Birokrasi** | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MKK-AP 16 | Manajemen Strategis** | – | √ | √ | √ | √ | √ | |||
MKB-AP 01 | Administrasi Keuangan Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 02 | Perencanaan Pembangunan** | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP03 | Perencanaan Pembangunan Regional** | √ | – | √ | √ | √ | √ | |||
MKB-AP 01 | Manajemen Perubahan | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 16 | Manajemen Pelayanan Publik | 2 | – | √ | √ | √ | √ | √ | ||
MPB-AP 03 | Administrasi Elektronik * | 3 | √ | – | – | |||||
MPB-AP 04 | Hukum Administrasi Publik | 3 | – | √ | – | √ | √ | √ | ||
MPB-AP 06 | Filsafat Administrasi | 2 | – | √ | – | √ | √ | √ | ||
VII | MKB-AP 06 | Perilaku Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | |
MKB-AP 07 | Sistem Informasi Manaiemen | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MKB-AP 08 | Teori Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MBB-AP 03 | Ekonomi Politik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MPB-AP 01 | Kepemimpinan Sektor Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MPS-AP 02 | Etika Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
MPS-AP 04 | Metodologi Penelitian Administrasi Publik | 3 | √ | – | √ | √ | √ | √ | ||
VII | MPB-AP 09 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 3 | – | √ | √ | – | – | – | |
MPB-AP 10 | Seminar Proposal | 1 | – | √ | √ | – | – | – | ||
MPB-AP 11 | Skripsi*** | 6 | – | √ | √ | – | – | – | ||
MPB-AP 12 | Makalah *** | 4 | – | √ | √ | – | – | – | ||
MPB-AP 13 | Ujian Komprehensif*** | 2 | – | √ | √ | – | – | – | ||
Dst | ||||||||||
Total SKS | 157 |