29/09/2022

Public Lecture (Delivered to the Students of State Administration Science and Communication Science Study Programs) ” Strategy Development Towards Succesfull Future of the Student in Globalization Era”

Rabu, 8 Juli 2022- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melangsukan kegiatan kuliah umum terkait strategi pengembangan masa depan sukses mahasiswa pada era globalisasi (strategy development towards succesfull future of the student in globalization era), yang dijelaskan langsung oleh Prof. Kim Soo-Il (Busan Indonesia Centre) yang mana beliau merupakan seorang konsultan Unpatti. Beliau adalah pendiri Wisma Busan Indonesia Centre (BIC) di Seoul, Korea Selatan pada 13 April 2012, serta beliau juga pernah mendapatkan penghargaan dari media Indonesia, INSPIRASI sebagai salah 1 dari 12 orang asing di seluruh dunia yang paling mencintai Indonesia dan memberikan sumbangan besar bagi Indonesia.


Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Josep A. Ufi. SS, MA

Adapula sesi penandatangan kesepakatan kerjasama antara FISIP UNPATTI dengan Busan Indonesia Centre (BIC) dalam bidang pendidikan.
Beliau mengatakan bahwa faktor semangat dan implementasinya adalah kunci untuk kemajuan. Menurut beliau juga sebuah retorik adalah sebuah permainan semata yg dilakukan oleh pra pejabat. Dan untuk merencanakan masa depan itu, kita harus bisa menganalisa terkait situasi yang tengah terjadi sekarang. Kita sudah memasuki era 4.0, yg mana kita harus bisa memilih universitas mana yg mampu menunjang masa depan kita, harus mampu menguasai IT(teknologi), dan kita juga harus lebih bisa memahami perubahan dunia.


Beliau mengatakan bahwa banyak mahasiswa korea sekarang semua merasa masa depannya pesimis, dikarenakan banyak dri mereka yang lebih memilih bekerja diluar korea. Hal itulah yg membuat banyak mahasiswa/masyarakat lebih memilih untuk tidak menikah, dikarenakan tidak adanya pendapatan yang mereka dapat. Beliau juga mengatakan untuk terus mengasah bidang keilmuan yg kalian tekuni dengan sebaik mungkin atau dengan kata lain kalian harus memiliki spesialisasi keilmuan.
Menurut beliau juga terdapat 3 unsur yg dianggap penting oleh manusia, yakni reputasi, materi dan kesehatan. Namun ada yg lebih pnting yaitu pengetahuan (knowledge).
Beliau berharap mahasiswa Universitas Pattimura (UNPATTI), terkhususnya mahasiswa FISIP untuk terus belajar, terus mengasah bakat/keahlian dan punya jiwa semangat yang tinggi untuk bisa mengimplementasikan apa yang dipelajari.