01/02/2023

KULIAH UMUM “URGENSI KESIAPAN SDM DI BIDANG KEPELABUHANAN DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMBANGUNAN NASIONAL DAN DAERAH”

"Kemajuan tidak mungkin dicapai tanpa perubahan, dan mereka yang tidak dapat berubah pikiran tidak dapat mengubah apa pun." - George Bernard Shaw

 

 

 

 

Senin, 03 Oktober 2022 – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melangsungkan Kuliah Umum dalam rangka dies natalis ke-63 FISIP Unpatti. Dengan tema “Urgensi Kesiapan SDM yang Berdaya Saing di Bidang Kepelabuhanan (PT. Pelindo) dalam Mendukung Program Pembangunan Nasional dan Daerah ( Testimoni & Refleksi)”.

 

 

Kuliah umum dibuka secara langsung oleh Dekan FISIP Unpatti, Dr. Wahab Tuanaya, M.Si. Dalam sambutannya beliau berharap kepada para mahasiswa untuk bisa memperbaiki kualitas diri dengan ilmu pengetahuan yang baik.

 

 

Kuliah umum ini dibawakan oleh Hambra Samal, S.H, M.H selaku Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (PERSERO). Beliau juga merupakan lulusan S1 Ilmu Hukum dari Universitas Pattimura Ambon  dan S2 Hukum Bisnis dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Beliau pernah menjabat sebagai Deputi Infrastruktur Bisnis Kementrian BUMN, Wakil Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero/IPC) (2020-2021) dan sekarang menjabat sebagai Wakil Dirut dari tahun 2021 hingga sekarang.

Beliau memberikan penjelasan terkait biaya logistik nasional yang lebih tinggi daripada internasional, hal itu disebabkan oleh pembangunan industri di tiap kota itu berbeda. Menurut beliau pelabuhan di Kota Ambon akan mengalami kemajuan ketika kita bisa melihat bagaimana cara kerja daripada pelabuhan yang ada di kota lain dan diterapkan di pelabuhan kota Ambon.

Dalam materinya beliau menyampaikan bahwa PT Pelindo tidak bisa memberikan diskon/pemotongan harga kepada pihak lain, hal itu dikarenakan akan berdampak pada subsidi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Jika ingin meminta pemotongan maka harus berdasarkan persetujuan daripada kementrian perhubungan. Beliau juga menyatakan bahwa PT Pelindo bisa untuk melakukan kerjasama dengan pihak lain sebagai sponsorships dalam berbagai kegiatan yang diminta.

 

 

Acara kuliah umum ini diakhiri dengan pemberian cenderamata dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang diwakilkan oleh Wakil Dekan I FISIP Unpatti kepada Hambra Samal, S.H,M.H dan tim sebagai bentuk ucapan rasa terimakasih.

 

 

Sesi foto bersama.