25/04/2024

KULIAH UMUM DAN SHARING PENGALAMAN BERSAMA JURNALIS PROFESIONAL, VICTOR JOSEPH

Kuliah Umum & Sharing Pengalaman Jurnalis Profesional bersama Victor Joseph

Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pattimura menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Berbagi Pengalaman terkait dengan jurnalis, antara Praktisi media dengan mahasiswa. Untuk meningkatkan pengetahuan dan mengasah potensi mahasiswa dibidang jurnalis baik Lokal, Nasional maupun Internasioal. Kegiatan tersebut berlangsung pada selasa 13 November 2018 pukul 09:00 hingga 11:30 WIT di Aula FISIP Unpatti Lantai 3. Mahasiswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan dimaksud.
Kegiatan pelatihan dan berbagi Pengalaman ini diusung dengan tema “A Global View On Media, Journalism And Social Change” dengan Tema terasebut diharapkan para mahasiswa dapat memahami serta melihat pandangan setiap orang baik dalam maupun luar negeri tentang Media dan Jurnalis serta keduanya sebagai faktor penting untuk memicu perubahan sosial.
Sharing Pengalaman yang menghadirkan pembicara salah satu Jurnalis senior dan Profesional, Bapak Victor Joseph yang merupakan Jurnalis bertaraf Internasional, beliau telah melakukan liputan ke berbagai Negara dengan berbagai macam berita. Dengan Segudang ilmu dan pengalaman, Beliau berbagi dengan para mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Unpatti. Penyampaiannya yang begitu baik, lugas dan santai membuat para mahasiswa merasa nyaman dan sangat antusias, membuat suasana menjadi ramai untuk memperebut kesempatan untuk bertanya, akhirnya pembicara dibanjiri oleh pertanyaan. Apa yang disampaikan semoga dapat diserap dan menjadi pembelajaran penting bagi para peserta untuk mengembangkan masing – masing di bidang jurnalis.
Pembicara yang berasal dari Negara Kincir Angin, Belanda, itu mengaku senang sekali karena dengan antusias dan rasa ingin tahu oleh mahasiswa yang begitu besar. Pasalnya pertanyaan yang diajukan membahas dari segi bisnis, etika, profesional dan cara organisasi seorang wartawan. Menurutnya mutu yang ditampilkan para peserta sangait baik, beliaupun berharap pada lain waktu dapat berbagi ilmu dan pengalaman kepada para mahasiswa di FISIP Unpatti. Beliaupun menambahkan bahwa, ini proses didikan serta merupakan penanaman bibit sebagai seorang wartawan.
Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik berkesempatan hadir untuk membuka secara resmi kegiatan yang diikuti oleh ratusan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam sambutan, Beliau mengatakan bahwa dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki Bapak Victor Joseph dibidang Jurnalistik yang dibagi kepada mahasiswa, semoga dapat memicu dan merangsang keingintahuan bahkan merangsang kemauan untuk terus mendalami Ilmu Komunikasi.

Penyerahan Piagam Penghargaan dari FISIP UNPATTI kepada Victor Joseph

Pada kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan oleh akademisi FISIP Unpatti, Antasari Bandjar, SS., M.Ikom yang mewakili pihak Fakultas serta foto bersama para peserta kegiatan.

Laporan: Tim Liputan