25/09/2021

KONVENSI NASIONAL ILMU-ILMU SOSIAL KE-2 MEWARNAI RANGKAIAN KEGIATAN MENJELANG DIES NATALIS FISIP UNPATTI KE-60

Dies Natalis FISIP UNPATTI ke-60 pada tanggal 5 Oktober 2019 dimeriahkan oleh berbagai kegiatan, salah satu diantaranya Konvensi Nasional Ilmu-Ilmu Sosial atas kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura dan Himpunan Indonesia Untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS). FISIP UNPATTI mendapat dukungan dan penghargaan dari Pengurus HIPPIS pusat lewat penyelenggaraan kegiatan dimaksud menyongsong Dies Natalis, kegiatan Konvensi Ilmu-Ilmu Sosial Ke-2 mengusung tema Peran Ilmu-Ilmu Sosial Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur di Wilayah Kepulauan. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 30 September 2019 di lantai II Swissbell Hotel ini berlangsung hikmat dihadiri oleh Ketua Umum HIPIIS Pusat Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP yang adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI saat ini, Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, MS (Ketua Dewan Riset Nasional-Mantan Rektor Universitas Sebelas Maret-Solo), Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail, Ketua DRPD Provinsi Maluku Drs. Lucky Wattimury, M.Si, Pengurus HIPIIS Pusat, Staf Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Staf ahli Kementerian Koordinator Kemaritiman RI bidang Sosial dan Antropologi. Hadir pula dalam kegiatan ini Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Provinsi Maluku, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon.

Para peserta yang hadir sekitar 100 orang memenuhi Banda Neira Room Swissbell Hotel ini terdiri dari para Dosen ilmu rumpun sosial di berbagai perguruan tinggi di Maluku, Kepala SMA/SMK se-Kota Ambon, mahasiswa S1 dan S2 Universitas Pattimura serta para undangan lainnya.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA yang juga adalah mantan Ketua HIPIIS wilayah Maluku periode 2016-2018 ini dalam laporannya menyampaikan kegiatan Konvensi Ilmu-Ilmu Sosial Ke-2 yang diselenggarakan memiliki peran strategis ilmu-ilmu sosial terhadap pembangunan di wilayah kepulauan, baik dari aspek SDM maupun infrastruktur. FISIP UNPATTI dalam usianya yang ke-60 mencoba untuk memfasilitasi proses dimaksud sebagai wujud 60 Tahun FISIP berkarya dan mengabdi mewujudkan FISIP Bermutu. Dekanpun menyampaikan terima kasih atas dukungan Ketua Umum dan Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat atas kesediannya menyelenggarakan Konvensi Nasional dan hadir di Kota Ambon walau dalam kesibukan masing-masing. Ucapan yang samapun disampaikan kepada Pemerintah Provinsi Maluku atas dukungan penyelenggaraan kegiatan ini di Maluku.

Laporan Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA

Selanjutnya diikuti oleh sambutan Gubernur Maluku Irjen. Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail diawali dengan laporan perkembangan gempa berkekuatan 6,8 SR yang terjadi pada tanggal 26 September 2019 lalu di Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Seram Bagian Barat yang berdampak pada sarana-sarana Pendidikan kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan RI, sekaligus mengharapkan perhatian serius Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam merespons kerusakan-kerusakan dimaksud. Iapun menyampaikan terima kasih dan apresiasi positif kepada Presiden RI Ir. Joko Widodo, atas respon cepat penanganan bencana melalui BNPB Nasional yang telah hadir di Maluku dua (2) hari pasca gempa. Selain itu ucapan Selamat kepada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura atas Dies Natalis ke-60 tanggal 5 Oktober 2019 nantinya, iapun mengharapkan di usia yang dikategorikan matang ini FISIP UNPATTI menjadi dewasa dalam berfikir membangun Maluku sebagai provinsi kepulauan yang kita cintai Bersama dan mempersiapkan SDM mahasiswa sebagai penerus pembangunan bangsa. Diharapkan pula kegiatan Konvensi ini dapat menjadi sesuatu yang baik bagi pembangunan provinsi Maluku kedepan, tentunya melalui tema Konvensi para ahli-ahli sosial ditantang berfikir strategis untuk melahirkan pikiran-pikiran konstruktif sebagai bahan refleksi dan referensi pembangunan Indonesia secara khusus daerah kepulauan.

Sambutan Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail

Selanjutanya sambutan Ketua Umum HIPIIS Pusat Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Konvensi Nasional Ilmu-Ilmu Sosial ke-2 di Kota Ambon. Menyampaikan selamat atas Dies Natalis FISIP UNPATTI ke 60 mengawali sambutannya dan mengharapkan FISIP UNPATTI di usia sekarang ini akan terus memainkan peran untuk membangun Indonesia secara khusus Maluku lebih maju. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI inipun mengharapkan kegiatan Konvensi Ilmu-Ilmu Sosial ke-2 di Kota Ambon ini dilakukan serius, sehingga para ilmuan sosial di Maluku pasca Konvensi ini dapat melahirkan rekomendasi-rekomendasi pikir yang akan dijadikan dasar pembuatan kebijakan Pemerintah baik pusat maupun daerah dalam bentuk model, sehingga nantinya model dimaksud akan dijadikan sebagai langkah strategis pembangunan. Iapun mengatakan kalau memang model dapat tercipta dari Konvensi ini, FISIP UNPATTI akan ditugaskan menjadi Eksekutor implementasi model kebijakan Pemerintah Pusat maupun daerah nantinya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dalam sambutannya inipun menjanjikan di depan Gubernur Maluku dan para peserta atas pemberian 1 (satu) unit kapal yang dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan, sehingga kapal ini dapat memenuhi kebutuhan siswa-siswi di pulau-pulau di Maluku. Terkait dengan kondisi gempa yang terjadi saat ini, iapun ditugaskan Bersama Menteri Sosial RI oleh Presiden Jokowi Widodo untuk meninjau lokasi gempa dan tempat-tempat pengungsian di Maluku. Dalam sambutan inipun ia akan berusaha memberikan bantuan kepada guru-guru yang menjadi korban gempa. Akhir dari sambutannya ia mengatakan jabatan Menteri yang diemban sekarang akan berakhir pada waktu dekat, dan ia kepingin meninggalkan kesan yang baik bagi dunia pendidikan di Indonesia secara khusus di Maluku.

Sambutan Ketua Umum HIPIIS Pusat
Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP

Pemukulan Tifa sebagai Tanda Pembukaan Pelaksanaan Konvensi Oleh Ketua Umum HIPIIS Pusat
di damping oleh Gubernur Maluku, Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat dan Dekan FISIP UNPATTI

Dalam kegiatan Konvensi inipun penyerahan SK Pengurus HIPIIS Wilayah Maluku baru periode 2019-2021 oleh Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat kepada Dr. Erly Leiwakabessy, M.Si sebagai Ketua Umum HIPIIS Wilayah Maluku saat ini.

Penyerahan SK Kepengurusan HIPIIS Wilayah Maluku Periode 2019-2021
oleh Prof. Dr. H. Ravik Karsidi, MS  (Kanan) dan Diterima Oleh Dr. Erly Leiwakabessy, M.Si (Kiri)

Akhir dari acara pembukaan Konvensi Nasional Ilmu-Ilmu Sosial ke-2 dilakukan penyerahan cenderamata oleh Dekan FISIP UNPATTI kepada Ketua Umum HIPIIS Pusat, Gubernur Maluku dan Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat dan dilanjutkan oleh penyerahan cenderamata oleh Gubernur Maluku kepada Ketua Umum dan Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat.

DSC_0050
DSC_0049
DSC_0048
DSC_0051
previous arrow
next arrow
Penyerahan Cenderamata oleh Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA
DSC_0053
DSC_0054
DSC_0055
previous arrow
next arrow
Penyerahan Cenderamata oleh Gubernur Maluku Irjen Pol. (Purn) Drs. Murad Ismail

Setelah pembukaan Konvensi berlangsung dilanjutkan dengan Diskusi Panel di sesi I oleh narasumber diantaranya, Tukul Rameyo Adi (Staf Ahli Sosial dan Antropologi Kementerian Koordinator Kemaritiman RI) dengan materi Kebijakan Kelautan Indonesia, Peta Jalan Menuju Poros Maritim Dunia, M. Riza Damanik (Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia[KNTI]) dengan materi Menggali Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim: Perspektif Ekonomi, Sumberdaya Kelautan, dan Sosial, Restu Gunawan (Pengurus Pusat HIPIIS-Sekretaris Umum Masyarakat Sejahrawan Indonesia) dengan materi Membangkitkan ‘Tradisi Besar’ Kemaritiman Indonesia, Alvan Alfian (Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia[KNTI]) dengan materi Menggali Potensi Indonesia Sebagai Negara Maritim: Perspektif Ekonomi, Sumberdaya Kelautan, dan Sosial. Pada sesi Prof. Dr. A. Watloly, S.Pak, M.Hum bertindak sebagai moderator. dan pemberian cendramata oleh Dekan FISIP UNPATTI

Narasumber Pada Sesi I

DSC_0100
DSC_0101
DSC_0102
DSC_0103
DSC_0104
previous arrow
next arrow
pemberian cendramata oleh Dekan FISIP UNAPATTI Prof. Dr. T. D. Pariela, MA

Pada diskusi panel sesi II dengan Pemateri Prof. S. E. M. Nirahua, SH, M.Hum (Ketua Senat Universitas Pattimura) membawakan materi Pembangunan Hukum di Wilayah Kepulauan dan Prof. Dr. T. D. Pariela, MA (Dekan FISIP Universitas Pattimura) dengan materi Dinamika Masyarakat Kepulauan, serta Dr. Steve Gaspersz, MA sebagai moderator.

Narasumber Pada Sesi II

Sedangkan di akhir kegiatan Konvensi ini pengenalan kepada organisasi HIPIIS dibawa oleh Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS dengan topik “Pasang Surut HIPIIS” dan Dr. Erly Leiwakabessy, MS sebagai moderator. Kegiatan ini berlangsung hingga Pukul 17.00 Wit dan sekaligus ditutup secara resmi oleh Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS pusat.

Pemberian Materi oleh Ketua Dewan Pertimbangan HIPIIS Pusat
Sekaligus Menutup dengan Resmi Kegiatan Konvensi