25/09/2021

Dewan Perwakilan Mahasiswa FISIP UNPATTI Selenggarakan Kegiatan Pelatihan & Pembinaan Kepada Mahasiswa

Dalam rangka mengembangkan pengetahuan mahasiswa FISIP dalam aspek penulisan karya ilmiah dan kewirausahaan, Dewan Perwakilan Mahasiswa FISIP UNPATTI menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pembinaan kepada Mahasiswa FISIP UNPATTI. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari dengan tema yang berbeda dan diselenggarakan di ruang Aula Lantai 3 Gedung FISIP  pada tanggal 1 – 2 Agustus 2018.

       Kegiatan ini dimaksudkan  untuk meningkatkan daya saing mahasiswa khususnya mahasiswa FISIP dalam dunia usaha sehingga mereka dapat menjadi mandiri dalam menjawab segala tuntutan kebutuhan.

“Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah”

       Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari. Di hari pertama panitia menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah yang diselenggarakan pada Rabu 1 Agustus 2018 dengan tema, “Mewujudkan Prestasi tanpa Batas Melalui Karya Dan Kreatifitas” dengan menghadirkan M. Nasir Pariusamahu selaku penulis dan Arif selaku Kepala Kantor Bahasa Maluku sebagai narasumber. Dalam kesempatan ini, para narasumber membagikan pengetahuannya dalam menulis artikel ilmiah bahkan mahasiswa juga ditantang untuk menulis artikel ilmiah.

 

“Pemaparan materi oleh Kepala Kantor Bahasa Maluku”

      Di hari kedua panitia menyelenggarakan kegiatan pembinaan dan diselenggarakan pada hari kamis dua Agustus 2018 dengan tema, meningkatkan semangat mahasiswa dalam membangun peradaban usaha yang mandiri, kreatif dan inovatif dengan narasumber yakni, Nike Lidya Astuti Aritovani  seorang pengusaha abon ikan cakalang dengan Indah Herlinda selaku pengusaha keripik keladi. Selain memberikan motivasi kepada mahasiswa, beliau juga membagikan tips-tips bagi mahasiswa untuk memulai suatu usaha.

“Pembinaan Karakter Kewirausahaan, 2 Agustus 2018”

   Selain mendapat pengetahuan tentang dunia kewirausahaan, mahasiswa yang memberikan tanggapanya dalam diskusi bersama itu juga memperoleh hadiah dari narasumber yang berupa produk yang dimiliki narasumber. Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa FISIP UNPATTI Evan Tabavmolu mengharapkan dengan diselenggarakan kegiatan ini mahasiswa dapat mengembangkan potensinya agar dapat tampil dalam lomba-lomba sehingga dari kegiatan ini mahasiswa bukan saja sebagai peserta melainkan ada partisipasi mereka dalam lomba-lomba yang ada.

       Selain itu DPMF juga menginformasikan kepada mahasiswa bahwa terkait  program universitas yakni program mahasiswa kreatif. Untuk itu dihimbau kepada mahasiswa yang berminat untuk membentuk kelompok usaha kreatif agar segera mendaftarkan kelompok beserta ide-ide kreatifnya untuk membuka usaha dan diusulkan dalam bentuk proposal.

Dilaporkan oleh: Sakinah, Natalia, Abdal