25/09/2021

DIES NATALIS FISIP KE-60

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menggelar puncak perayaan Dies Natalis ke-60 dalam rapat senat terbuka Luar Biasa di Lingkungan FISIP UNPATTI.

Kegiatan tersebut di pimpinan langsung oleh Ketua Senat Fakultas FISIP UNPATTI  Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK, M.Hum , yang di hadiri Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Universittas Pattimura, Dekan Universitas Pattimura, Kepala Biro Universitas Pattimura , Purna Bakti FISIP UNPATTI, Direktur Pasca Universitas Pattimura, dan keluarga besar civitas akademika FISIP UNPATTI.

Dalam Pidato Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. T. D. Pariela, MA Mengatakan Hari ini Seluruh warga FISIP UNPATTI, seluruh Civitas Akademika FISIP UNPATTI merayakan Dies Natalis Yang Ke-60 yang tepatnya yang sebetulnya jatuh pada tanggal 5 Oktober esok hari perayaan ini kita selenggarakan dalam suasana keprihatinan dan sederhana meskipun di warnai dengan sukacita apalagi bapak ibu Rapat Senat Terbuka Ini di lakukan di ruang benar benar terbuka kita mengungsi dari LT III Auditorium yang biasanya kita gunakan sebagai tempat melakukan kegiatan-kegiatan se level ini dan harus di laksankan di Halaman Parkir Fakultas Semata karna pertimbangan keamanan dan kenyamanan pisikiologis. Perayaan Dies Natalis yang ke-60 menunjukan bahwa warga FISIP UNPATTI memiliki sikap initansi yang tinggi sebab di tengah tantangan dan suasana yang cukup mencekam beberapa hari terakhir teman teman panitia dan kita semua tetap bertekat untuk melaksanakan perayaan Dies Natalis FISIP yang ke-60 ini sebagai manivestasi dari rasa syukur kita atas pernyetaan Tuhan yang maha kuasa terhadap lembaga ini sehingga kita semua bisa berkesempatan merayakan 60 Tahun FISIP mengabdi dan berkarya. dalam perjalanan 60 tahun ini FISIP UNPATTI sudah melahirkan ribuan alumni dan selain itu terus mengalami dinamika perkembangan yang cukup siknifikan pertama pada 2 Tahun terakhir ketika lembaga ini memasuki 2 tahun tahap kedua tahap pengembangan berbagai proses konsulidatif di lakukan dengan titik berat pada akselerasi atau percepatan proses akademik dengan oleh karena itu kami sangat menyadari bahwa akselerasi proses akademik ini akan sangat tergantung dari baik ketersedian sumber daya manusia maupun akademik evarman yang memang memerlukan atau harus mejakian  kenyamanan bagi semua civitas akademika untuk berproses dan oleh karena itu atasa nama pimpinan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik kami menyampaikan terima kasih banyak kepada para dosen yang terus menerus berusaha melakukan peningkatan kualitas diri  kepada teman-teman yang sedang melaksanakan studi S3 atas nama  Pimpinan Fakultas menyampaikan permohonan maaf juga karena selama ini belum banyak yang bisa kami sediakan untuk membantu pelajaran studi dari bapa ibu sekalian.percayalah bahwa kedepan kita akan memberikan perhatian yang sungguh-sungguh untuk memastikan proses pengembangembangan kualitas sumber daya manusia khususnya di lingkungan FISIP UNPATTI berjalan sebagai mana di harapkan.

Pidato Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. T. D. Pariela, MA

dan di lajutkan dengan orasi oleh Dr. Zainal. A. Rengifurwarin selaku Wakil Dekan 1 dengan topik UGENSI STUDI ADMINISTRASI PUBLIK PERPEKTIF PERAN DALAM KEMAJUAN DAN PEMBANGUNAN NEGARA

Orasi oleh Dr. Zainal. A. Rengifurwarin selaku Wakil Dekan 1

Sambutan Ketua Senat Fakultas Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK, M.Hum mengatakan selamat untuk Dies Natalatis FISIP UNPATTI yang ke-60 momen 60 tahun FISIP UNPATTI menjadi sebuah tonggak penting bagi kita untuk melakukan refleksi di masa lalu dan sekaligus melakukan juga proyeksi di masadepan ini penting bagi kita dengan  membaca sejarah FISIP UNPATTI tadi kita menyadapatkan dir khusus tantang betapa pentingnya dan strategisnya kehadiran FISIP diwaktu itu dia mengawali sejarahnya dan berproses yang cukup panjang dan kita lihat berbagai karya mulia dan pikiran-pikiran cerdas dilakukan oleh tokoh-tokoh kita dan terus di lanjutkan oleh penerus-penerus kita sampai generasi kita di usia yang ke 60 tahun dengan idealisme yang cukup baik idealisme membangun bangsa, idealisme membangun daerah, idealisme untuk membangun sumber daya manusia yang berproduksi secara baik untuk berkelanjutan  pembangunan di daerah kita ini.

Sambutan Ketua Senat Fakultas Prof. Dr. A. Watloly, S.PAK, M.Hum

Sambutan Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH., M.Hum mengatakan di usia FISIP yang ke 60 ini rangkaian acara yang begitu banyak panjang dari bulan Februari sampai saat ini dan saya pikir ini adalah inofasi dan kreatifitas dari pimpinan FISIP dalam rangka bagaimana memajukan FISIP kedepan dan di usia yang ke 60 ini sudah tentu sebagaimana layaknya kita merayakan satu kalender usia kita, kita perlu merenunkan  masa lampau,masa kini waktu yang akan datang dan tadi kita sudah mengikuti berbagai kegiatan pidato-pidato yang disampaikan oleh pimpinan termasuk pidato ilmiah yang di sampaikan oleh pak Rengifurwarin menunjukan bahwa apa yang di cenangkan FISIP bermutu ini adalah bagian proses yang dimana kita harus melakukan namun kita harus merenunkan di era yang begini canggih masuk di era industri 4.0 tetapi perlu direnungkan juga bahwa kenapa mahasiswa kita ini dengan begitu banyak referensi kemudahan-kemudahan kita tetapi kualitasnya tetap menjadi pertanyaan besar bagi kita saya mau mengatakan itu bagi kita semua karna td saya bercerita dengan pak cak di dalam dengan para Warek ternyata di zaman dengan kondisi yang sederhana dosen yang kurang dan referensi-referensi yang masih sangat kurangtetapi pa cak bisa menjadi pimpinan kantor Gubernur bisa menjadi seperti ini dan kita mungkin bisa renungkan pa dekan dan ketua senat mengingat butuh inofasi dan kreatifitas dalam rangka mendraif teman-teman, adik-adik kita ini untuk bagaimana kita untuk menyesuaikannya.

Sambutan Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Sapteno, SH., M.Hum

dan di tutup dengan doa rohaniawan islam dan rohaniawan kristen

Doa Rohaniawan Islam

Doa Rohaniawan Kristen

Selain itu sebelum kegiatan ini di tutup peniupan lilin dan pemotongan kueh ulang tahun oleh Dekan FISIP UNPATTI dan ada penyerahan bantuan kepada Tenada pendidik dan Tenaga Kependidikan dan juga mahasiswa yang terkena bencana gempa bumi 26-september 2019