20/09/2024

RAPAT TERBUKA SENAT YUDISIUM DAN PENGGELARAN LULUSAN PERIODE AGUSTUS TAHUN 2024 FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

 

        Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Ambon menggelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Ilmu Periode Agustus Tahun 2024 Pada Jumat 23 Agustus 2024 pukul 15.00 WIT yang bertempat di Auditorium Lantai III Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai Surat Keputusan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Nomor : 105/UN13.1.2/SK/2024 Tentang Pengukuhan dan Penggelaran Lulusan Sarjana (S1) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura.

        Lulusan atau calon wisudawan yang dikukuhkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada periode kali ini sebanyak 167 yang diantaranya dari Program Studi Administrasi Publik sebanyak 29 lulusan, dari Program Studi Ilmu Pemerintahan sebanyak 35 lulusan, dari Program Studi Ilmu Komunikasi sebanyak 24 lulusan, dan dari Program Studi Sosiologi sebanyak 44 lulusan. Adapun lulusan yang berhasil mendapatkan predikat dengan pujian atau cumlaude yaitu sebanyak 35 lulusan.

        Sesi Sambutan-sambutan dibuka oleh Okto David Kristian Zega, S.Sos mewakili para lulusan dalam pesan dan kesannya mengatakan FISIP Unpatti merupakan rumah kedua bagi dirinya serta para lulusan yang mana rumah kedua ini adalah tempat para lulusan menimba ilmu, berdiskusi, mengabdi kepada masyarakat serta melakukan penelitian ilmiah demi menjunjung tinggi Tri Dharma perguruan tinggi. Selain itu dirinya juga menghimbau kepada rekan – rekan lulusan bahwa tanggung jawab moral yang datang bersama dengan gelar yang kami terima kini semakin besar sebab tanggung jawab terhadap gelar yang kita miliki akan terus ada di pundak dan akan terus kita bawa selama hayat masih dikandung badan. Di akhir sambutanya Okto Zaga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak baik orang tua, Civitas Akademika Fakultas dan Universitas serta para rekan – rekan angkatan atas semua dukungan selama menjalani proses perkuliahan.

        Bapak Reinhard Lesnussa, S.Sos yang merupakan perwakilan dari orang tua para lulusan juga menyatakan dalam sambutannya bahwa beliau sangat berterima kasih terhadap keluarga besar Universitas Pattimura terkhususnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dimana merupakan tempat dari anak-anak mereka menimbah ilmu, mengembangkan potensi diri mereka, dan berhasil menggapai gelar sarjana mereka. Itu semua bisa tercapai dikarenakan usaha dan kerja keras dari pihak Lembaga Pendidikan maupun dari pribadi para lulusan itu sendiri.

        Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Dr. Wahab Tuanaya., M.Si  dalam sambutannya mengatakan yudisium adalah suatu momentum yang istimewa karena melalui proses yang panjang dan berbagai tantangan  berat yang membutuhkan kerja keras untuk sampai pada tahap ini. “Gelar sarjana yang saudara raih ini diharapkan tidak hanya menjadi pencapaian akademik tetapi ini diharapkan menjadi awal perjalanan saudara untuk mencapai masa depan yang lebih baik ”, kata Dekan.

        Dekan berharap agar kedepannya para lulusan jangan berpuas diri untuk pencapaian saat ini sebab ini adalah proses awal sehingga par lulusan dituntut untuk mengembangkan kapasitas diri untuk dapat bersaing di dunia kerja.

        Prof. Dr. Z. A. Rengifurwarin, M.Si selaku Ketua Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik juga berpesan kepada para lulusan periode ini bahwa perlu diketahui kalua perjalanan mereka tidak hanya sampai setelah kelulusan tiba tapi perjalanan mereka setelah itu masih sangat panjang.  Setelah ini merekan akan langsung terjun ke dalam lingkungan masyarakat dimana disitu terbuka untuk kesempatan kerja yang sangat besar. Namun, dimana ada peluang pastilah ada tantangan dan dalam hal ini, tentu tantangan yang didapatkan lebih besar. Solusi yang bisa menjawab tantangan tersebut yaitu para lulusan diharapkan untuk tetap melakukan updating ilmu pengetahuan yang mereka pelajari selama perkuliahan karena dengan itulah garansi untuk para lulusan ini bisa lolos dalam pasar negara yang makin hari makin kompetitif.

        Sesi sambutan ditutup oleh Rektor yang diwakilkan oleh Wakil Rekor Bidang Akademik Universitas Pattimura Prof. Dr. Dominggus Male, S.Pt, M.Sc dalam sambutan mengatakan bahwa sebagai generasi yang akan memulai persaingan didunia kerja harus dapat mentranformasikan diri dengan perubahan – perubahan yang ada.

        “Doa orang tua, kerja keringat dan air mata orang tua kalian terjawab hari ini tetapi keresahan terpenting orang tua adalah setelah ini pekerjaan apa yang akan kalian dapatkan dan tugas kalian saat ini adalah memberi pengertian serta pemahaman yang baik bahwa diera ini PNS bukan satu – satu solusi kesuksesan ” lanjut Prof. Malle. Harapanya ketika kesuksesan telah digenggam jangan pernah lupa Almamater sebab Almamater adalah tempat kedua pembentukan dan persiapan diri.

   Lulusan Program Studi Administrasi Publik

 

Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan

 

  Lulusan Program Studi Sosiologi

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi