Bertempat di Rumah Rakyat Belakang Soya (Kantor DPRD Kota Ambon), Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pattimura menjumpai pimpinan DPRD Kota Ambon. Tim yang diterima langsung oleh Ketua DPRD Kota Ambon Elly Toisutta, S.Sos, Wakil Ketua I Rustam Latuponno, Sekretaris Komisi I Saidna Ashar Bin Tahir pada Selasa (14/7/2020).

Kehadiran Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang dibentuk Rektor Universitas Pattimura Kolaborasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Kedokteran ini diwakili oleh Dekan FISIP UNPATTI Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Zainal A. Rengifurwarin, M.Si, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Dr. Tontji Soumokil, MA bersama beberapa anggota tim. Kedatangan tim ini menindaklanjuti penyampaian rencana kegiatan pengabdian yang akan dilakukan sebagai salah satu tri dharma perguruan tinggi sebagaimana telah dilakukan sebelumnya kepada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi Maluku maupun Kota Ambon beberapa waktu lalu.

Model “Penanggulangan Covid-19 Berbasis Komunitas” disampaikan langsung oleh Dekan FISIP UNPATTI dihadapan pimpinan DPRD Kota Ambon sebagai langkah strategis Perguruan Tinggi yang memiliki moto “Hotumese” ini dalam membantu Pemerintah Daerah mengurangi tingkat penyebaran Covid-19. Pariela menjelaskan secara substansial konsep penanggulangan Covid-19 berbasis komunitas baik dari aspek akademik maupun teknis secara detail. Menurutnya dalam kondisi pandemik saat ini setidaknya terdapat 3 (tiga) aktor penting, diantaranya Pemerintah sebagai aktor yang menyediakan regulatif berupa aturan atau kebijakan, memberikan arahan hingga pengawasan, tenaga medis dalam menjalankan tindakan kuratif (pengobatan) dan tidak kalah pentingnya ialah komunitas (masyarakat) sebagai aktor yang berpartisipasi aktif (partisipatif) terhadap pencegahan penyebaran Covid-19. Secara lantang Guru Besar FISIP UNPATTI ini mengemukakan dalam pengamatan Civitas Akademika UNPATTI peran pemerintah dan tenaga medis telah berjalan optimal sesuai dengan peran masing-masing. Namun masyarakat secara khusus belum maksimal mendukung proses yang dilakukan, sehingga langkah strategis dipikirkan untuk bagaimana mengendalikan masyarakat. Oleh karena itu kegiatan ini diharapkan efektif karena dirasakan mengelola aktivitas kegiatan sosial di tingkat komunitas (desa/negeri/kelurahan) mempermudah rentang kendali (Span of Control). Selain itu, iapun menyampaikan bahwa dalam pertemuan bersama Walikota Ambon kegiatan ini akan berlangsung atas Kerjasama UNPATTI dan Pemerintah Kota Ambon, hal ini dibuktikan dengan keterlibatan beberapa pimpinan OPD Kota Ambon di dalam tim atas rekomendasi Walikota Ambon. Perjumpaan inipun sekaligus pemberitahuan kepada Anggota DPRD selaku wakil rakyat Kota Ambon.

previous arrow
next arrow
Slider

Pertemuan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNPATTI dengan Pimpinan DPRD Kota Ambon

Terkait penyampaian konsep Pengabdian kepada Masyarakat oleh Universitas Pattimura disambut positif oleh pimpinan DPRD yang hadir. Elly Toisuta memberikan apresiasi terhadap langkah yang diambil perguruan tinggi terbesar di Maluku ini dalam membantu pemerintah mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon, menurutnya model ini akan sangat efektif bagi masyarakat. Iapun menyampaikan terima kasih kepada FISIP dan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura atas inisiatif melaksanakan kegiatan ini di masyarakat. Politisi Partai Golkar inipun berjanji akan menyampaikannya kepada seluruh Anggota  DPRD Kota Ambon, agar dukungan sepenuhnya melalui keterlibatan bersama saat kegiatan berlangsung pada ketiga lokasi ini berdasarkan Daerah Pemilihan (DAPIL) masing-masing. Selain itu, hal senada disampaikan Rustam Latupono, sebagai wakil rakyat kami tentu menyambut baik apa yang akan dilakukan Univesitas Pattimura selama hal dimaksud demi untuk kepentingan rakyat. Ini merupakan langkah luar biasa karena sesungguhnya penanggulangan Covid-19 harusnya dilakukan secara bersama walaupun dengan cara yang berbeda. Latupono menegaskan ia akan mempublikasikan maksud kegiatan ini kepada masyarakat melalui media pers dan media informasi DPRD Kota Ambon. Harapan politisi Partai Gerindra inipun, Pemerintah Kota Ambon dapat mengadopsi model penanggulangan Covid-19 yang ditawarkan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pattimura untuk selanjutnya diaktualisasikan pada seluruh Desa/Kelurahan di Kota yang bertajuk “City Of Music” ini. Sementara Bin Tahir Sekretaris Komisi I iapun menyampaikan bahwa sebagai Komisi yang bermitra dengan OPD Pemerintah Kota Ambon dalam penanggulangan Covid-19 mendukung penuh kegiatan yang akan dilakukan Universitas Pattimura pada 3 (tiga) desa/negeri di wilayah kota ini.

Penyerahan Dokumen Teknis Penanggulangan Covid-19 Berbasis Komunitas
Oleh Dekan FISIP UNPATTI Kepada Ketua DPRD Kota Ambon

Pertemuan yang berlangsung dari Pkl. 11.30 s.d. 13.00 WIT ini, diakhiri dengan penyerahan dokumen Pedoman Teknis “Penanggulangan Covid-19 Berbasis Komunitas” oleh Dekan FISIP UNPATTI kepada Ketua DPRD Kota Ambon.

Foto Bersama Tim Pengabdian Kepada Masyarakat UNPATTI dengan Pimpinan DPRD Kota Ambon

TIM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNPATTI JUMPAI PIMPINAN DPRD KOTA AMBON

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *