19/12/2024

Program Studi Administrasi

 

PENINGKATAN KINERJA PROGRAM PUBLIK DAERAH MELALUI OPTIMALISASI MANAJEMEN KOLABORASI INTERNASIONAL DI LINGKUP PEMERINTAH KOTA AMBON – PROVINSI MALUKU (Studi Kasus Selektif 5 Tahun Terakhir)

Josep Antonius Ufi, SS., MA. , Dr. Stanislaus K. Ohoiwutun, M.Si. , Dr. Normawati, M.Si. , Julleid Florenza Sohilait(mahasiswa) , St. Zumairah Amir (mahasiswa)

( Dokumen peningkatan )

Pada kesempatan yang baik ini, pertama-tama, Tim Penulis hendak
memanjatkan doa puji dan syukur ke hadirat Tuhan Allah yang Maha Kuasa dan
Maha Kasih, karena atas perkenaan-Nya maka Laporan Penelitian dengan judul
“Peningkatan Kinerja Program Publik Daerah Melalui Optimalisasi Manajemen
Kolaborasi Internasional di Lingkup Pemerintah Kota Ambon (Studi Kasus Selektif 5
Tahun Terakhir)” ini dapat dirampungkan dan dituntaskan dengan baik.
Inisiatif dan gagasan awal penelitian sosial ini muncul dari suatu amatan dan
kepedulian terhadap pentingnya aspek kerjasama daerah dalam mendukung
pembangunan daerah dan pelayanan publik bagi masyarakat di daerah Maluku
mengingat keterbatasan sumberdaya yang tersedia di daerah. Hal tersebut telah
diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2018 Tentang Kerjasama
Daerah dan dijabarkan dalam Permendagri No. 25 Tahun 2020. Kajian mengenai
Kerjasama Daerah Dalam Perspektif Manajemen Kolaborasi merupakan suatu kajian
mutakhir yang amat menarik dan menantang dalam ranah bidang Kajian Ilmu
Administrasi Publik. Dan Topik kajian kali ini merupakan kelanjutan dari rangkaian
penelitian tematik seputar Collaborative Management and Governance in Public
Sector seperti dipetakan di dalam Road Map Penelitian.
Dengan rampungnya Laporan Penelitian Sosial ini, maka patut disampaikan
terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada semua pihak yang telah membantu
demi terlaksananya penelitian ini hingga rampungan laporannya, diantaranya yakni :
pertama, terima kasih disampaikan kepada Pimpinan Fakultas FISIP Unpatti dan
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas
Pattimura yang telah menyetujui dan bersedia mendanai Penelitian ini; kedua, kepada
unsur Pimpinan dan staff di lingkup Pemerintah Kota Ambon yang telah bersedia
menjadi Informan Kunci dalam Penelitian ini maupun OPD terkait yang menyediakan
data sekunder yakni: Asisten I Sekot Ambon, Kepala Bappeda & Litbang Kota
Ambon, Kabid Kerjasama di Bappeda & Litbang Kota Ambon, Kadis Pariwisata
Kota Ambon & Kabid Promosi dan Pengembangan Pariwisata Kota Ambon, Kasubag
Kerjasama dan Otda pada Tata Pemerintahan Kota Ambon, Kadis Kesehatan Kota
Ambon, Kepala Pengelola UPT Klinik Kesehatan Mata Ambon – Vlissingen; tetapi
juga disampaikan terima kasih yang mendalam kepada Bapak A.G. Latuheru selaku
Mantan Sekot Ambon Periode 2011 – 2021 yang telah berkenan menjadi Nara
Sumber dan Informan Kunci; Kepada Tim Yayasaan Vlissingen Ambon Bapak Bob
Latuheru dan kolega yang telah berkenan menjadi Nara Sumber FGD dan Dialog
terfokus di Kota Ambon pada Mei 2022; demikian pula, Bagian Hukum Sekot
Ambon yang berkenan menyediakan berbagai produk regulasi dan hukum yang
menjadi basis kerjasama daerah Kota Ambon dengan Mitra Kota Vlissingen dan
Darwin; serta semua pihak yang atas salah satu cara telah memberikan sumbangsih
yang konstruktif demi terselesaikannya penelitian ini. Akhirnya, semoga hasil
penelitian ini boleh bermanfaat bagi semua.


 

PROFESIONALITAS PENEMPATAN PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI MALUKU

Dr. NORMAWATI, M.Si .

( Dokumen Profesionalitas )

                                                               Abstrak
Profesiolaitas Penempatan pegawai diwajibkan pada lingkup Organisasi
Pemerintah pada semua tingkatan baik di Provinsi, maupun di Kabupaten/
Kota, karena penataan pegawai sesuai dengan kemampuan dan keahliannya
yang merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan reformasi birokrasi
layanan public. Penelitian ini mengajukan judul dengan tema “Penempatan
Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Penulis
mengajukan permasalahan penelitian adalah “Bagaimana Penempatan
Pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku”. Beberapa
indicator permasalahan antara lain : Prestasi Akademik, Pengalaman,
Kesehatan Fisik dan Mental, dan Sikap. Jenis penelitian yang digunakan
adalah bersifat kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan Unit
populasi ditentukan secara purposif yakni Bidang Kepegawaian dan Umum
dengan jumlah sampel 32 orang yang diambil secara sensus. Teknik analisis
yang dipakai adalah analisis kuantitatif dengan bantuan tabel frekuensi serta
ditunjang dukungan kriteria standar interprestasi persentase sesuai dengan
hasil perhitungan persentase yang dicapai, disertai dengan konversi ke
sosiometriks perhitungan Indeks Status Pilihan (ISP). Hasil analisis
membuktikan bahwa keempat indikator yang menjadi pengukurannya bersifat
positif dengan dukungan persentase yang dicapai berkategorial “Kuat” dan
“Sangat Kuat”. Dukungan yang positif secara fluktuatif membedakan capaian
yang dicapai secara persentatif dari Prestasi Akademik, Pengalaman,
Kesehatan Fisik dan Mental serta Sikap, yakni dukungan positif yang
berkategorial “Kuat” terletak pada Prestasi Akademik, Pengalaman,
Kesehatan Fisik dan Mental. Sementara dukungan positif yang berkategorial
“Sangat Kuat” berada pada Sikap. Dengan capaian prioritas yang berbeda
beda terbuktikan bahwa Prestasi Akademik,Pengalaman, Kesehatan Fisik
dan Mental masih membutuhkan peningkatan disamping Sikap, yang
walaupun telah mencapai dukungan “Sangat Kuat” namun masih dapat
ditingkatkan lagi untuk mecapai hasil maksimal. Hasil persentatif dan
sosiometrik ISP telah memastikan Prestasi Akademik, Pengalaman,
Kesehatan Fisik dan Mental menentukan Penempatan Pegawai di Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku.
Kata Kunci: Profesionalitas, Penempatan Pegawai, prestasi akademik,
Pengalaman, kesehatan fisik dan mental.


PENGARUH EVALUASI PASCA DIKLAT TERHADAP KUALITAS DIKLAT DI KANTOR DIKLAT KEAGAMAAN AMBON

Dr. Normawati, M.Si.

( Dokumen peningkatan