Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KEMENPAN-RB RI) melaksanakan kerjasama dengan Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura melalui program Lapor Goes To Campus (LGTC). Kegiatan yang berlangsung dalam Goes To Campus (LGTC). Kegiatan yang berlangsung dalam bentuk Dialog Publik dengan Tema “Optimalisasi Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19 dilaksanakan pada Sabtu, 11 Juli 2020. Kegiatan yang memiliki tujuan untuk mensosialisasikan Aplikasi Lapor (SP4N Lapor) di lingkungan kampus disambut positif oleh mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UNPATTI. Hal ini terlihat pada antusias mahasiswa yang berada pada Semester II, IV, dan VI mengikuti kegiatan dimaksud secara daring melalui zoom meeting FISIP UNPATTI.

Selain itu, dukungan para Dosen Jurusan Sosiologipun terlihat bersama mahasiswa mengikuti kegiatan Dialog Publik ini. Kurang lebih 100 peserta yang mengikuti kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA. Dalam sambutan yang dikemukakan dihadapan peserta, Guru Besar FISIP UNPATTI ini menekankan akan pentingnya peran mahasiswa di dalam masyarakat. Mahasiwa menjadi simpul penting di masyarakat dalam rangka perubahan dan pembangunan, untuk itu Pariela mengharapkan melalui kegiatan Lapor Goes To Campus mahasiswa FISIP UNPATTI menjadi garda terdepan memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam melakukan pengaduan pelayanan publik secara online dengan mengoptimalkan penggunaan aplikasi Lapor. Atas nama pimpinan Fakultas, Dekanpun menyampaikan terima kasih kepada KEMENPAN-RB Republik Indonesia untuk Kerjasama yang terbangun. FISIP UNPATTI selalu membuka ruang dalam meningkatkan kerjasama dengan Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam kerangka memberikan perubahan menuju pembangunan masyarakat Indonesia secara umum, Maluku dan Kota Ambon secara khusus. Sebelumnya sambutan mewakili lembaga dukungan disampaikan Ibu Indira Firatia (Perwakilan USAID CEGAH Indonesia). Kegiatan yang berlangsung atas dukungan USAID CEGAH Indonesia, Pemerintah Kota Ambon, PATTIRO (Pusat Telaah dan Informasi Regional, YAPPIKA (Yayasan Persahabatan Indonesia Kanada) bersama Yayasan Arika Mahina Maluku, menghadirkan Keynote Speaker Dr. Zainal A. Rengifurwarin, M.Si (Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP UNPATTI). Doktor Administrasi Publik jebolan Universitas Negeri Makasar ini membawakan materi dengan Tema “Pengelolaan Pelayanan Publik yang Berkualitas Dalam Penanganan Covid 19”. Sedangkan Narasumber terdiri atas 3 (tiga) orang diantaranya, Yudha Suryata, S.Kom. (Analis Pengaduan Masyarakat KEMENPAN-RB) dengan Materi “Kebijakan SP4N-LAPOR!”, Wawanudin, S.IP, M.SI (PATTIRO) dengan Materi “ Pandemic Covid-19, Pengaduan dan Dampaknya Terhadap Pelayanan Publik”. Dr. Tontji Soumokil, MA (Akademisi FISIP UNPATTI/Kaprodi S2 Sosiologi Pascasarjana UNPATTI) dengan Materi “Peran Mahasiswa Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengaduan Pelayanan Publik”. Selain berbagai materi yang disampaikan narasumber, disampaikan pula penjelasan teknis penggunaan aplikasi Lapor kepada peserta oleh Kotler Papilaya, SE (Arika Mahina Maluku) secara terperinci mulai dari Download Aplikasi pada Android, cara tepat melakukan pengaduan hingga pengiriman pengaduan.

previous arrow
next arrow
Slider

Foto Bersama Peserta Dialog Publik Lapor Goes To Campus
Penyampaian Materi oleh Keynote Speaker dan Narasumber dimediasi oleh Moderator Christwyn R. Alfons, S.Sos, M.Si (Dosen Sosiologi FISIP UNPATTI) dan Host Julius Hendra H. (PATTIRO) berlangsung dari Pkl. 11.00 WIT s.d. Pkl. 13.30 WIT. Kegiatan diskusi berjalan lancar dan menarik respons peserta baik mahasiswa maupun dosen yang memberikan pertanyaan dan pendapat kepada narasumber. Akhir dari kegiatan ini peserta diberikan praktek implementasi penggunaan aplikasi Lapor menyampaikan pengaduan permasalahan pelayanan publik yang terjadi di lingkungan masyarakat tempat mereka berada. Voucher pulsa 100 ribu tersedia bagi 70 peserta pengirim pengaduan tercepat dan Souvenir yang disediakan oleh pendukung kegiatan Diskusi Publik.
DIALOG PUBLIK “LAPOR GOES TO CAMPUS” KERJASAMA KEMENPAN-RB RI DENGAN JURUSAN SOSIOLOGI FISIP UNPATTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *